Beberapa Tempat yang Menyediakan Kegiatan Rafting di Bogor

 

Kegiatan rafting atau yang lebih dikenal dengan arung jeram semakin banyak diminati oleh banyak orang, banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan kegiatan rafting, namun kebanyakan orang lebih memilih melakukan kegiatan rafting yang tidak jauh dari Jakarta. Dalam hal ini, Bogor merupakan destinasi yang paling cocok, selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, akses yang mudah menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih Bogor. Berikut ini kami tampilkan beberapa lokasi yang menyediakan kegiatan rafting:

  • Rafting Kalibaru

Aliran sungai Kalibaru berasal dari aliran sungai kali Ciliwung pastinya sudah tidak diragukan lagi arusnya. Namun demikian, aliran yang mengarah ke arung jeram Kalibaru pastinya bebas banjir bandang, sebab sungai ini akan melewati banyak Dam. Sehingga konsentrasi air sungai dapat dikontrol dan terkendali dengan baik.

Menjelajahi aliran sungai Kalibaru akan memberikan pengalaman yang berbeda tentunya, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang natural dan riak jeram yang mengasyikan. Beberapa Dam air setinggi 1,5 sampai 4 Meter juga siap untuk anda lalui tentunya.

Rafting Kalibaru terletak di Sukaraja, Sentul, Jawa Barat. Diantara lokasi arung jeram lainnya, lokasi yang satu ini adalah yang paling cepat diakses dari kota Bogor dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam saja bila dari Jakarta.

Untuk menuju lokasi rafting / arung jeram Kalibaru Sentul, anda bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu Tol Sentul Selatan / Sentul City. Lalu anda bisa mengambil jalan ke arah desa Bumi Gumati, kemudian dilanjutkan sampai ke Sukaraja Sentul.

  • Rafting Cianten

Sungai Cianten merupakan perpaduan 2 cabang sungai yakni sungai Cisadane bawah dan dari kawasan hutan Taman Nasional Halimun. Tidak mengherankan bila sungai ini memiliki diameter yang cukup lebar dan debit air yang cukup besar.

Sepanjang pengarungan anda akan menikmati keindahan alami dari ekosistem sungai, seperti monyet sejenis surili, biawak dan burung paruh udang. Tidak sampai disitu, sungai cianten juga memiliki sejarah yang tidak banyak orang ketahui seperti peninggalan sejarah abad ke 5 yaitu prasasti Ciaruteun.

Lokasi rafting sungai Cianten berada di Kampung Muara Jaya, Ciampea, Leuwiliang. Biasanya meet point peserta di Rumah Makan Pare Sunda, namun bisa juga langsung ke basecamp di dekat jembatan Cikodom.

Untuk menuju lokasi Rafting Cianten Bogor tidaklah sesulit yang dibayangkan, bila anda dari Tol Jagorawi maka bisa keluar di pintu Tol Sentul Selatan lalu lanjut langsung ke Tol Kedung Halang kemudian ambil ke arah kampus IPB Darmaga sampai bertemu RM Pare Sunda.

  • Rafting Cisadane

Lokasi rafting yang berlokasi tidak jauh dari Lido Lakes ini menjadi spot rafting paling populer di kota Bogor.

Untuk bisa sampai ke tempat rafting ini dapat diakses dari berbagai arah. Untuk anda yang dari Sukabumi bisa menuju ke Caringin atau arah Ciawi, sedangkan bagi yang dari kota Jakarta, Bogor dan Puncak bisa menuju ke arah Sukabumi kemudian berhenti di Caringin / Cimande.

Bisa juga ditempuh menggunakan kereta api dari Stasiun Bogor dan berhenti di Stasiun Maseng kemudian lanjut menggunakan angkot menuju ke Caringin sekitar 5 menit saja.

Rafting sungai Cisadane menawarkan jeram yang penuh sensasi, tidak kurang anda akan melewati 4 spot jeram yang menantang dan yang paling istimewa anda akan melewati sebuah DAM Air dengan ketinggian kurang lebih 3 Meter, sayang rasanya bila anda tidak mencoba sensasinya.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *